Wakili Dandim, Pasiter Kodim 0506/Tgr Hadiri Seminar Kebangsaan, “Memahami Pancasila dan Wasbang Bagi Remaja”

Kodam Jaya239 Dilihat

Kodim Jaya, Tangerang –  Dandim 0506/Tgr diwakili oleh Mayor Inf Tubagus Abdul Halim Pasiter Kodim 0506/Tgr hadiri kegiatan Seminar Kebangsaan Memahami Pancasila dalam Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa, dengan tema “Memahami Pancasila dan Wawasan Kebangsaan bagi Remaja”, yang dilaksanakan di Waroeng Lengkong Jl. SKKI Kel. Pondok Jagung Kec. Serpong Utara Kota Tangerang

Dalam sambutan singkatnya, Hj. Lista Hurustiati,SH.MH Dewan Penasehat Hipakad Tangsel mengatakan, bahwa kegiatan HIPAKAD Tangsel sangat bermanfaat bagi kita, khususnya Generasi muda untuk mengingat adanya catatan sejarah dimana terjadi Pertempuran Lengkong.

“Pertempuran Lengkong terjadi pada tanggal 25 Januari 1946, antara Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dengan pasukan Jepang di Desa Lengkong,” jelasnya.

Dalam pertempuran ini, lanjutnya lagi, sebanyak 37 orang pejuang Indonesia gugur dalam pertempuran itu, salah satunya Mayor Daan Mogot.

“Karena itu, para anak muda sebagai generasi penerus bangsa, sejarah ini tidak boleh dilupakan karena terjadi di wilayah Lengkong Tangerang Selatan” katanya diakhir sambutan.

Sementara itu, Mayor Inf Tubagus Abdul Halim Pasiter Kodim 0506/Tgr)l mewakili Dandim 0506)Tangerang menyampaikan bahwa, sebagai anak muda, generasi penerus bangsa harus selalu menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila.

Karena itu, kegiatan Wawasan kebangsaan sangat relevan disampaikan kepada generasi muda karena bertujuan untuk memberi pemahaman tentang Bangsa Indonesia dan dasar-dasar Nilai Pancasila dalam rangka mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia pada generasi muda.

“Kami sangat mengapresiasi HIPAKAD Tangsel yang sudah turun untuk membina anak-anak kita agar tidak terjerumus ke hal-hal yang tidak baik, seperti Narkoba atau obat-obatan terlarang dan pergaulan bebas.” jelasnya.

Masih ditempat yang sama, Panit Intel Polsek Serpong Iptu Hermawan menyampaikan bahwa Indonesia adalah negara kepulauan yang sangat luas dan beragam. Dari ujung barat ke ujung timur, setiap daerah di Indonesia memiliki keunikannya sendiri. Masyarakatnya begitu beragam suku, budaya, ras, dan agamanya. Kekayaan alam Indonesia juga begitu berlimpah dan beragam

“Wawasan kebangsaan adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan 4 lingkungannya, mengutamakan kesatuan dan persatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.” katanya dalam sambutannya singkatnya.

Tampak hadiri, Mayor Inf Tubagus Abdul Halim Pasiter Kodim 0506/Tgr mewakili Dandim, Mayor Kav Panjaitan Pasi Intel Brigkav 1/LA mewakili Danbrigkav 1/LA, Lettu Arh Fajrihan Pasi Intel Yon Arh 1 Kostrad, Iptu Hermawan Panit Intel Polsek Serpong, Ipda Janoko Polsek Serpong, La Ode Rocky AQ, S.PSi.C.LMA selalu Narasumber,  Hj. Lista Hurustiati, SH.MH Dewan Penasehat Hipakad, Melani Amariyah DPD Hipakad DKI Jakarta, Agus Mifta Sekjen DPP HIPAKAD,  Ipan Supanda Ketua DPC HIPAKAD Kota Tangerang Selatan, Dwi Hariyatiningsih,.S.pd Sekertaris Cabang, dan Perwakilan Siswa/i SMA dan SMK Tangsel.

Sumber Kodim 0506/Tangerang