Warung Kopi Jadi Sarana Sosialisasi Ternak Pilo di Dairi

Dairi, 12 Maret 2024 – Babinsa Koramil 04/Tigalingga, Kodim 0206/Dairi, Serma JN. Sembiring, memanfaatkan warung kopi sebagai media sosialisasi program unggulan Kodim 0206/Dairi, yaitu ternak Pilo (Pinahan Lobu) atau ternak babi. Program ini merupakan kerjasama antara Kodim 0206/Dairi dengan Pilo House HKBP.

Serma JN. Sembiring menjelaskan, program ternak Pilo ini bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan masyarakat. Bekerjasama dengan Pilo House HKBP, Kodim 0206/Dairi menyediakan bibit babi, pakan, dan pelatihan bagi para peternak.

“Program ini terbuka bagi seluruh masyarakat yang ingin beternak babi,” ujar Serma JN. Sembiring saat berdialog dengan warga di warung kopi.
Lebih lanjut, Serma JN. Sembiring menjelaskan sistem beternak Pilo yang mudah dan efisien. Pilo diternakkan dengan sistem kandang koloni dan diberi pakan fermentasi yang terbuat dari bahan-bahan lokal.

“Sistem ini terbukti efektif untuk meningkatkan pertumbuhan babi dan menghasilkan daging yang berkualitas,” kata Serma JN. Sembiring.

Program ternak Pilo ini mendapat sambutan positif dari masyarakat. Salah seorang warga, Pak Tarigan, mengaku tertarik dengan program ini karena mudah dijalankan dan memiliki potensi keuntungan yang besar.

“Saya ingin mencoba program ini karena terlihat mudah dan menguntungkan,” ujar Pak Tarigan.