Wasbang Pada Siswa’i SD Dengan Materi PBB Dilakukan Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun

Simalungun  |  Pada fase usia anak-anak seperti ini, tentunya sangat penting diberikan bekal wawasan yang mewadahi untuk perjalanannya untuk meraih cita-citanya dimasa yang akan datang. Sesuai dengan levelnya tentu dalam memberikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) tersebut harus disesuaikan dengan keadaan usianya, dan dalam penyampaiannya materinya menggunakan bahasa yang sederhana. Sehingga muda dipahami, dan sulit untuk dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari apalagi sekarang banyaknya kasus-kasus yang melibatkan anak-anak. Dalam kesempatan ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 09/Tiga Balata jajaran Kodim 0207/Simalungun Serda Iskandar Khan turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan Wasbang bersama Guru SD Negeri Plus 091473 Tiga Balata Bapak Putra Pjt S.Pd, Perihal Melatih Siswa/i dalam pelaksanaan Upaca Bendera Merah Putih setiap hari Senin, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Sekolah SD Plus Tiga Balata Kecamatan Jorlang Hataran Kabupaten Simalungun, Sabtu (16/03/2024).

Pada kesempatan tersebut Babinsa Serda Iskandar Khan menyampaikan bahwa kegiatan pemberian sosialisasi Wasbang tersebut adalah sebagai program yang telah ditentukan oleh Komando Atas sebagai bagian dari program penjabaran Binter. Dalam mempersembahkan materi tentu disesuaikan dengan kemampuan pikir anak setingkat SD yaitu dengan pola mengajak kembali untuk mengingat nama-nama para pahlawan nasional. Sejarah perjuangan bangsa, menyanyikan lagu-lagu nasional, penanaman nilai-nilai saling menghormati, kesetiakawanan, sopan santun dan giat belajar sebagai bagian dalam perjuangannya adik-adik siswa-siswi Sekolah Dasar. “Sehingga anak-anak nantinya akan tumbuh rasa bela negara, rasa cinta tanah air dan berwawasan kebangsaan dan nantinya dapat menjadi generasi yang berkompeten dalam menjaga NKRI” kata Babinsa.

Babinsa Serda Iskandar Khan juga menyampaikan program sosialisasi wasbang ke sekolah-sekolah ini juga disesuaikan dengan situasi dan kondisi dalam arti bagaimana cara mempersembahkan Wasbang kepada anak-anak SD ini harus menggunakan bahasa yang sangat sederhana karena mereka masih anak-anak dan tentunya harus ada pola yang sangat cermat dan tepat sehingga Wasbang yang diberikan dapat dijangkau dengan baik.