Wujudkan Kelestarian Lingkungan, Kodim Palembang Bersama Forkopimda Menanam 1000 Pohon

PALEMBANG|
menjadi saksi pelaksanaan Kegiatan Penanaman Pohon Serentak di wilayah Kodam II/Swj. Acara ini dihelat dengan tema “Wujudkan Kelestarian Fungsi Lingkungan Hidup dan Mengurangi Dampak Pencemaran”., Taman Purbakala Jl. Syakyakirti, Karang Anyar, Kec. Gandus, Kota Palembang ,Senin (15/1/2024).

Hadir dalam kegiatan ini berbagai tokoh penting, di antaranya Pj Walikota Drs H. Ratu Dewa, MSi, Dandim 0418/Plg Kolonel Czi Arief Hidayat, M.Han, Kapolrestabes diwakilkan Wakapolresta AKBP. Andes Purwanti S.E, M.M, dan sejumlah kepala dinas serta pejabat terkait. Personel yang turut serta dalam penanaman pohon melibatkan unsur TNI, Polri, Satpol PP, pelajar, Pramuka, dan masyarakat umum.

Rangkaian kegiatan dimulai pukul 10.10 WIB dengan pembukaan oleh MC/Protokol. Pembacaan doa kemudian menyusul, diikuti dengan sambutan dari Dandim 0418/Plg yang menyoroti kepedulian TNI Angkatan Darat terhadap kelestarian lingkungan.

Dalam sambutannya, Dandim 0418/Plg Kolonel Czi Arief Hidayat,M.Han menegaskan bahwa kegiatan penanaman pohon serentak merupakan bentuk komitmen TNI AD dalam menjaga alam. Ia juga mengingatkan akan kondisi cuaca ekstrem global yang semakin meluas, termasuk di Indonesia, dan kebutuhan akan menjaga keseimbangan alam.

Pada kesempatan ini PJ Walikota Palembang Drs.H.Ratu Dewa dalam sambutanya menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran khususnya TNI Polri Republik Indonesia
Disaat saat itu kita dengar di negara Denmark mengproklamirkan diri sebagai negara yang ramah lingkungan .

Lanjutnya,Tetapi TNI/Polri telah mengproklamirkan di tahun 2024 ramah terhadap lingkungan maka dari itu mari kita berikan apresiasi ,Kita sudah mendengar laporan dari Dandim 0418/Plg kita ingin kota Palembang ,kita tahu areal sangat terbatas apalagi kota besar maka itu jawabannya kita harus menggalakkan penanaman pohon karena ini penting buat kesehatan kita .

“Kalau karbondioksida yang tercemar melalui kendaraan transportasi pabrik-pabrik yang cukup banyak maka filterisasi adalah penanaman pohon juga ini akan menyaring udara yang tidak sehat menjadi sehat karena kalau kita ada di bawah pohon maka ada filterisasi dan kita akan menghirup oksigen yang luar biasa yang mengakibatkan kebaikan untuk kita semua .

Sekali lagi mari kita mulai dari rumah kita,mulai dari keluarga kita untuk selalu menggalakkan dan menanam tumbuh-tumbuhan di rumah kita dan lingkungan yang ada di sekeliling kita.

“Maka dari itu di kesempatan yang baik ini pemerintah kota Palembang mengucapkan banyak terima kasih kepada Dandim 0418/Plg atas sinergi dalam rangka menghadapi persoalan-persoalan alam yang ada di kota palembang ,mulai persoalan banjir , masalah sampah dan masalah lainya yang selalu bersinergi dan saat ini kita sedang menghadapi musim penghujan ,”Ujarnya

Dan musim hujan ini sudah ada tim terpadu antara pemerintah kota Palembang dan TNI polri di seluruh tingkatan maka dari itu sinergi ini harus kita maksimalkan kedepan sebagai kekuatan yang luar biasa tidak hanya program pemerintah kota Palembang tetapi adalah program kita bersama ,dikesemptan ini juga PJ walikota Palembang mengajak kita semua untuk melestarikan lingkungan sehingga lingkungan menjadi asri,”ungkapanya.

Pukul 10.25 WIB, acara dilanjutkan dengan apresiasi kepada jajaran TNI AD yang memproklamirkan diri sebagai pihak yang ramah lingkungan. Pemerintah Kota Palembang juga memberikan penghargaan tinggi atas kolaborasi dengan Kodim 0418/Plg, terutama dalam pembukaan saluran air secara masif.

“Palembang memiliki lahan yang terbatas, oleh karena itu kita galakkan penanaman pohon sebagai filterisasi udara tidak sehat menjadi sehat,” ungkap Dandim. Pemerintah Kota Palembang turut mengimbau masyarakat untuk menanam pohon di rumah masing-masing sebagai upaya dalam melestarikan lingkungan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penanaman pohon secara simbolis, foto bersama, dan penutup. Pukul 10.40 WIB, kegiatan selesai dalam keadaan aman dan lancar.

Melalui kegiatan ini, pihak terkait bersama-sama mengakui bahwa penanaman pohon serentak di wilayah Kodam II/Swj merupakan langkah nyata untuk mengatasi perubahan iklim, pemanasan global, serta polusi. Semoga kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi kelestarian lingkungan di Kota Palembang dan sekitarnya.

Pendim Palembang