Yonif 431 Kostrad Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana Alam dan Pengamanan Pemilu 2024

Kostrad388 Dilihat

Jakarta. Batalyon Infanteri 431 Kostrad mengadakan Apel Kesiapsiagaan dalam rangka bencana alam serta pengamanan pemilu 2024. Dipimpin oleh Lettu Inf Arif Dian, S.T.Han lulusan Akademi Militer tahun 2016 selaku Komandan Kompi Senapan – C yang bertempat di Balai Prajurit Satria (BPS), Kariango. Selasa (16/01/2024).

Apel ini ditujukan dalam rangka penyiapan personel Yonif 431/SSP untuk siaga bencana dan pengamanan pemilu 2024. Sebanyak 100 prajurit disiapkan apabila dibutuhkan dengan cepat.

Prajurit Yonif 431 Kostrad yang disiagakan merupakan prajurit-prajurit pilihan yang mempunyai pengalaman dalam penanganan bencana alam serta pernah melaksanakan pengamanan pemilu.

“Sebagai satuan yang siap digerakkan, kita harus siap sedia mempersiapkan prajurit guna menghadapi perintah yang sifatnya dadakan. Untuk itu perlu disiapkan sejak dini baik itu personel, alat pendukung sampai dengan peralatan yang akan digunakan. Tidak menutup kemungkinan kita akan diberangkatkan secara tiba-tiba ke tempat-tempat yang rawan terjadi bencana alam terutama yang di wilayah Sul-Sel ini.”, ujar Komandan Kompi C.

Beberapa perlengkapan yang turut digelar yaitu Unit LCR, Peralatan Perhubungan, Kendaraan, Peralatan Kesehatan sampai dengan Obat-obatan.

“Beberapa perlengkapan mungkin belum memadai atau masih bisa dikatakan kurang, namun setidaknya prajurit-prajurit yang disiapkan harus siap, sigap dan tangkas apabila tiba-tiba diperintahkan,” tambahnya. (Penkostrad).