YONIF RAIDER 300 TERJUN LANGSUNG BERIKAN PENGOBATAN KORBAN BENCANA GEMPA

Kodam Siliwangi921 Dilihat

OKEBUNG|
Peleton Kesehatan Yonif Raider 300/Bjw mengadakan pengobatan massal kepada korban bencana gempa bumi di daerah yang sulit dijangkau di Kabupaten Cianjur.

Hal tersebut yang disampaikan Komandan Batalyon Infanteri Raider 300/Bjw Kodam III/Siliwangi, Letnan Kolonel Inf Afri Swandi Ritonga, S.I.P. dalam release tertulisnya di Kabupaten Cianjur, Rabu (23/11/2022).

Dijelaskan Danyonif Raider 300/Brajawijaya Kodam III/Siliwangi, pengobatan massal yang dilaksanakan di Desa Cikancana Kecamatan Gekbrong adalah menjawab keluhan dari masyarakat yang belum tersentuh penanganan medis dikarenakan medan lokasi yang sulit dijangkau oleh kendaraan yang juga merupakan aksi nyata dari tugas TNI umumnya dalam bidang operasi militer selain perang yaitu dengan terjun langsung di tengah-tengah masyarakat untuk meringankan kesulitan rakyat di daerah bencana gempa sesuai perintah Kasad Jenderal TNI DR. Dudung Abdurachman, S.E., M.M. dan seiring dengan arahan dari Pangdam IIl/Siliwangi, Mayjen TNI Kunto Arif Wibowo dimana Prajurit Kodam III/Siliwangi umumnya harus berada pada garda terdepan dalam penanganan bencana dalam membantu meringankan beban masyarakat korban bencana gempa.

Anggota Yonif Raider 300/Bjw mengerahkan 23 orang personel yang memiliki spesialisasi di bidang kesehatan dipimpin langsung oleh Dokter Batalyon dengan didukung menggunakan 3 kendaraan taktis ATAV, ambulance dan motor trail untuk menjangkau daerah yang sulit dilalui apabila ada masyarakat yang akan dievakuasi ke rumah sakit terdekat.

Disampaikan oleh Dokter Batalyon Lettu Ckm dr. Bayu Indra Utama beberapa penyakit yang dikeluhkan oleh masyarakat yang didominasi oleh orang tua, ibu-ibu dan anak-anak diantaranya adalah luka robek, demam, diare, ISPA, penyakit kulit dan yang paling banyak adalah trauma psikologis.

Ucapan terima kasih serta sambutan yang hangat dari masyarakat Kampung Pasir Sayang Desa Cikancana Kecamatan Gekbrong Cianjur akan kehadiran tim kesehatan dari Yonif Raider 300/Brajawijaya Kodam III/Siliwangi, ditambahkan oleh Bapak Heri 45 tahun yang sangat senang akan kehadiran pasukan TNI dari Yonif Raider 300/Brajawijaya Kodam III/Siliwangi karena bisa mendapatkan penanganan medis serta diberi obat secara gratis sehingga dapat meringankan beban disaat tertimpa bencana gempa bumi hari senin silam.

Komandan Yonif Raider 300/Bjw, Kodam III/Siliwangi berharap dengan dilaksanakan pengobatan massal di daerah terpencil ini dapat mengurangi dari korban jiwa yang diakibatkan oleh keterlambatan penanganan medis dari tim kesehatan serta dapat meringankan beban para korban yang terdampak dari bencana gempa bumi.

Sumber : Pen Yonif Raider 300/Bjw