Yonmarhanlan VI Makassar Ikuti Apel Gelar Pasukan Dan Peralatan SAR

Marinir, TNI AL19 Dilihat

Okebung

TNI AL, Kormar (Makassar). Prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) VI Makassar mengikuti Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Penanganan Bencana Alam dan Pengecekan Peralatan SAR Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan di Lapangan Karebosi, Jl Jenderal Sudirman, Kota Makassar. Jumat (18/11/2022).

Apel konsolidasi yang digelar oleh BPBD Sulsel di ikuti oleh berbagai unsur antara lain TNI, Polri, Basarnas, Damkar serta berbagai pihak lainnya yang berperan aktif dalam penanggulangan bencana ( SAR ) di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan.

Bertindak sebagai Pimpinan Apel Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman S.T kegiatan ini merupakan langkah antisipasi bencana alam yang dapat terjadi kapan saja dan dimana saja serta untuk menjalin selalu silaturahmi dan meningkatkan kolaborasi serta sinergitas yang diharapkan dapat meningkatkan perlindungan masyarakat terhadap bencana alam sesuai kandungan UUD 1945 yaitu Negara berkewajiban melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia.

Ditempat berbeda, Komandan Yonmarhanlan VI Mayor Mar Aris Moko mengatakan telah menyiapkan prajuritnya tergabung bersama personil SAR Lantamal VI yang nantinya dapat digerakkan sewaktu-waktu, mengingat pada periode peralihan musim seperti saat ini banyak terjadi cuaca ekstrem di wilayah Sulawesi Selatan sehingga kita perlu meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan.

Selain itu kegiatan ini juga untuk mengecek langsung kesiapan untuk memastikan bahwa peralatan penanggulangan bencana betul-betul bisa digunakan pada saat yang diperlukan, dan bisa memberikan kepastian kepada masyarakat bahwa pemerintah hadir untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang kita tidak inginkan bersama.