Yontaifib 2 Marinir Gelar Upacara Tradisi Lepas Prajurit Purna Tugas

Marinir, TNI AL485 Dilihat

Okebung

TNI AL, Dispen Kormar (Surabaya). Komandan Batalyon Intai Amfibi 2 Marinir (Danyontaifib2 Mar) Mayor Marinir Sandi Varikta, S.E., M.Tr.Opsla, melepas prajurit terbaiknya yang telah purna tugas atau pensiun periode Desember 2023 sampai dengan Januari 2024. Pelepasan dilangsungkan dengan pelaksanaan upacara dan tradisi yang dipimpin langsung oleh Danyontaifib 2 Mar bertempat di Lapangan Apel Kurusetra Yontaifib 2 Marinir Karangpilang, Surabaya. Senin (08/01/2024).

Upacara Wisuda Purna Tugas ini merupakan bentuk penghormatan dan apresiasi dari TNI Angkatan Laut, Korps Marinir atas dharma bhakti, dedikasi, loyalitas, dan kinerja selama menjadi prajurit TNI khususnya TNI Angkatan Laut, menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara.

Seorang prajurit yang telah mencapai masa purna tugas berarti prajurit tersebut telah sukses dengan nilai sempurna dalam mengabdi sampai batas waktu kedinasan yang telah ditentukan. Hal tersebut merupakan sebuah prestasi dan kebanggaan baik untuk keluarga, instansi, maupun rekan sejawat. Masa pensiun bukan akhir dari proses kreativitas,pengabdian tidak berhenti hanya karena memasuki purna tugas. Semangat dan optimisme harus tetap menyala. Kontribusi seorang pensiunan justru semakin nyata dan diperlukan pada saat terjun langsung bermasyarakat.

Selain melepas prajurit purna tugas upacara tersebut sekaligus untuk menyambut para prajurit yang telah selesai melaksanakan penugasan Satgas Damai Cartenz di Papua yang telah kembali dan berhasil menorehkan prestasi dengan menumpas 5 tokoh Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) dan mendapatkan 4 pucuk senjata api dari tangan mereka.

Pada kesempatan tersebut, Danyontaifib 2 Marinir mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada prajurit yang telah memasuki masa purna tugas, atas dharma bhakti, dedikasi, loyalitas dan kerja keras selama berdinas semoga bisa mengaplikasikan hal – hal positif selama berdinas dalam kehidupan bermasyarakat serta menjadi contoh dan teladan di lingkungan masyarakat dimanapun berada. Serta salam hormat dan bangga untuk prajurit yang telah selesai melaksanakan penugasan Satgas Damai Cartenz di Papua dengan berhasil membawa prestasi untuk tetap low profile dan rendah hati karena berhasil dalam tugas adalah tujuan dari sebuah misi.