Antisipasi Kendala Pompanisasi, Babinsa Koramil 01/Tln Lakukan Pengecekan Langsung

Kodam Jaya115 Dilihat

Kodam Jaya, Tigaraksa – Untuk menyambut musim tanam padi di wilayah binaannya, Babinsa Koramil 01/Teluk Naga memonitoring ke Poktan – Poktan untuk mengecek kondisi pompanisasi yang akan difungsikan untuk mengairi lahan persawahan.

Mengingat di wilayah binaannya, mayoritas warganya bercocok tanam, Babinsa Koramil 01/Tln harus rutin menyambangi Poktan yang memiliki pompanisasi guna memastikan kendala apa yang dihadapi para Poktan dalam hal pompanisasi tersebut.

Hari ini, Babinsa Koramil 01/Tln menyambangi beberapa Poktan seperti di wilayah Desa Bojong Renged Kec. Teluk Naga, kondisi 1 (Unit) Pompa Existingnya dalam kondisi baik, sedangkan di Poktan Oceh di Desa Pangkalan, ada satu unit pompanisasi yang kondisinya rusak berat.

Selanjutnya di Poktan Giweng Desa Tegal Angus, dari dua unit pompanisasi yang ada, satu dalam kondisi rusak berat sehingga hanya satu unit yang dapat difungsikan.

Dikesempatan itu, Babinsa juga berharap agar pompanisasi yang rusak dapat diperbaiki agar dalam pelaksanaan pengiriman persawahan tidak terkendala saat memasuki musim tanam.

Ditempat terpisah, Danramil 01/Teluk Naga Mayor Heru Susanto menyatakan, yang dilaksanakan Babinsa bertujuan untuk memastikan apa yang menjadi kendala para petani di lapangan.

“Syukurlah, kita jadi mengetahui secara langsung, bahwa ada beberapa unit pompa Existing yang rusak parah sehingga perlu dilakukan perbaikan.” ujarnya.

Menurutnya, keberadaan pompa Existing sangat vital bagi para petani karena berfungsi untuk mengalirkan air ke areal persawahan.

“Semoga, dalam memasuki musim tanam nanti, kendala terkait pompanisasi dapat tertangani dengan baik sehingga lahan dapat diairi dengan baik, karena ini salah satu untuk meningkatkan volume hasil panen ke depannya,” terangnya.

Sumber Kodim 0510/Tigaraksa