Asops Danpasmar 2 Pimpin Gelar Kesiapan Latma Platex Tahun 2024

Marinir, TNI AL3 views

Okebung

TNI AL, Dispen Kormar (Sidoarjo). Asisten Operasi (Asops) Komandan Pasmar 2 Kolonel Marinir Joko Fitriyanto memimpin Apel Gelar Kesiapan Latihan Bersama (Latma) Platoon Exchange (Platex) tahun 2024 antara Marinir Indonesia dan USMC di lapangan apel Kesatrian Marinir R. Suhadi, Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur. Kamis (04/07/2024).

Latma Platex rencananya akan dilaksanakan mulai tanggal 08 sampai dengan 21 Juli 2024 di Pusat Latihan Pertempuran Korps Marinir 5 Baluran, Karangtekok, Situbondo untuk melaksanakan latihan yang saling terintegrasi dengan berbagai keunggulan kedua negara.

Dalam amanatnya Asops Danpasmar 2 menekankan kepada prajurit Korps Marinir yang tergabung dalam Latma Platex agar melaksanakan kedisiplinan dan kekompakan serta profesionalisme sebagai prajurit Korps Marinir yang terbaik dan yang disegani oleh negara lain.

Kolonel Marinir Joko Fitriyanto juga menekankan selama latihan, prajurit Korps Marinir agar menyerap dan memahami apa yang diberikan oleh USMC, begitu juga dengan apa yang harus dilakukan oleh prajurit Korps Marinir harus sesuai dengan tugas pokok masing-masing, karena Latma Platex tersebut merupakan salah satu wujud dari Diplomasi Angkatan Laut dalam melaksanakan latihan Bersama dengan negara sahabat.

Diakhir amanatnya Asops Danpasmar 2 menjelaskan bahwa Korps Marinir sebagai salah satu Kotama TNI Angkatan Laut dalam mengemban tugasnya dituntut memiliki kesiapan operasional dan kemampuan untuk menghadapi berbagai bentuk ancaman, gangguan dan hambatan yang mengancam kedaulatan negara, keutuhan wilayah serta keselamatan warga Negara Bangsa Indonesia. Tuntutan kemampuan Korps Marinir TNI Angkatan Laut salah satunya adalah mampu mewujudkan Peperangan Operasi Amfibi dengan proyeksi kemampuannya dari laut ke darat dan operasi darat lanjutan.

“Jaga keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, ciptakan suasana latihan yang saling terintegrasi dengan negara lain, laksanakan latihan dengan penuh rasa tanggung jawab, laksanakan latihan dengan penuh semangat dan ciptakan suasana kegembiraan, serta laksanakan prosedur keamanan terhadap personel dan material,” tegas Kolonel Marinir Joko Fitriyanto.