HUT ke-22 Abdya, Letkol Beni Ajak Masyarakat Bersatu Bangun Daerah

Kodam IM28 Dilihat

OKEBUNG– Komandan Kodim 0110/Abdya Letkol Inf Beni Maradona, S.Sos. mengajak seluruh komponen masyarakat dan prajurit di jajarannya bersatu membangun daerah Aceh Barat Daya (Abdya).

Hal itu disampaikan menyusul usia wilayah yang dikenal sebagai Bumi Padi Sigupai telah masuk ke masa energic.

“22 tahun ini adalah masa yang energic dan prima. Usia ini sedang strong-strongnya (kuat),” kata Dandim kepada wartawan di Blangpidie, Rabu (17/4/2024).

Menurutnya di usia yang penuh stamina ini, seluruh elemen dalam Kabupaten Abdya harus bersatu padu membangun kemajuan Abdya. Seluruh warga tidak terkecuali prajurit di jajarannya memiliki andil dan kontribusi memajukan Abdya sesuai kapasitas dan kapabilitas masing-masing.

Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, Dandim menegaskan pihaknya siap memberikan sinergi dan daya dukung. Salah satu implementasinya yaitu dengan gencar memperkuat program ketahanan pangan. Ia menilai sektor pertanian menjadi pondasi ekonomi utama Abdya.

“Minimal, keberhasilan surplus gabah yang telah dicapai pada tahun lalu harus kita pertahankan dan ditingkatkan. Ini juga harus di-balance denga kemajuan sektor lainnya agar tetap seimbang, terhindar dari inflasi,” katanya.

Sebagai informasi, daerah Abdya baru saja melaksanakan peringatan hari jadinya yang ke-22. Acara peringatan ini digelar secara sederhana di lapangan Pemkab setempat pada Selasa (16/4) kemarin. Acara dibuka langsung Pj. Bupati Darmansah dihadiri unsur Forkopimda, dan sejumlah elemen masyarakat.

Abdya itu sendiri adalah daerah pemekaran dari Kabupaten Aceh Selatan. Pada 10 April 2002 melalui Undang-undang no 4 tahun 2002, Abdya resmi mengumumkan sebagai Kabupaten. Sejak saat itu otonomi daerah Abdya berdiri sendiri dan kini telah mampu bersaing dengan daerah lain.