Kegiatan Puanter Lewat Komsos Dengan Pekerja Terasi Dilakukan Personel Jajaran Kodim 0208/Asahan

Kodam 1 BB3 views

Asahan  |  Dalam kesempatan ini menurut buku “Makanan Tradisional Indonesia: Kelompok Makanan Fermentasi dan Makanan yang Populer di Masyarakat, dalam kesempatan ini untuk menjalin silaturahmi dengan warga binaan yang tergabung dalam pengusaha Terasi tersebut, seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil  08/Pulau Buaya jajaran Kodim 0208/Asahan Serda Faisal Lubis turun kewilayah desa binaan untuk melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama dengan pekerja terasi dwilayah binaan, dengan Puanter dengan Bapak Ahok pengelola usaha home industri Belacan (Terasi) mulai dari proses pemilihan udang, pencetakan sampai dengan penjemuran, para pekerja dari masyarakat setempat mereka merasa senang karna dapat membantu perekonomian keluarganya, Babinsa memberikan motivasi dan semangat dalam melaksanakan pekerjaan dan harus jujur dalam kehidupan sehari-hari, bersama dengan Bapak Ahok (Pemilik Usaha), Bapak Ramli (Pekerja) dan Bapak Umar (Pekerja), kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Bagan Asahan Pekan Kecamatan Tanjung Balai Kabupaten Asahan, Minggu (30/06/2024).

Pada kesempatan tersebut Babinsa Serda Faisal Lubis mengungkapkan terasi umumnya berbentuk pasta dan memiliki warna hitam kecoklatan atau kemerahan, Terasi juga sering disebut sebagai belacan di Indonesia. Warna hitam pada terasi biasanya berasal dari pigmen ikan. Sementara terasi yang berwarna coklat kemerahan berasal dari pigmen udang. Menurut Executive Chef GH Universal Hotel Bandung Anton Kuswendi, karena aroma dan rasa terasi yang khas itulah penggunaan terasi tidak terlalu luas. Namun terasi cukup fleksibel pengolahannya, bisa digunakan langsung saat mentah atau pun dimasak, terang Babinsa Serda Faisal Lubis.

“Tidak semua makanan memakai terasi. Terasi atau belacan digunakan di masakan tertentu dan penggunaannya tidak banyak, misalkan sup dan sambal, Terasi punya aroma dan rasa yang sangat kuat. Biasanya terasi dibakar atau digoreng dulu sebelum digunakan pada masakan untuk memunculkan rasa dan aroma yang lebih nikmat. Penggunaan terasi juga akan membuat masakan jadi punya rasa dan aroma yang lebih kaya. Terasi merupakan bumbu penting khususnya di sajian khas Asia Tenggara. Daerah di Indonesia yang terkenal sebagai penghasil terasi adalah Bangka, Cirebon, Tuban, dan Lombok, terangnya.