Pangdam XVIII/Kasuari Pimpin Upacara Purna Tugas Satgas Pamtas Kewilayahan Yonif 623/BWU

Kodam XVIII KSR1,602 views

Sorong-Papua Barat Daya. Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Haryanto, S.I.P., M.Tr.(Han)., didampingi Kasrem 181/PVT, Kolonel Inf Christian Pieter Sipahelut, pimpin upacara pelepasan Purna Tugas Satgas Pamtas Kewilayahan Yonif 623/BWU bertempat di lapangan upacara Yonif 762/VYS Jl. Ahmad Yani, pada Senin (24/6/2024).

Yonif 623/Bhakti Wira Utama telah mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya interaksi yang positif bersama masyarakat, serta sambutan dan simpati warga menerima keberadaan satuan ini selama melaksanakan tugas.

“Sejak awal kedatangan hingga berakhirnya tugas di daerah operasi, seluruh prajurit Yonif 623/Bhakti Wira Utama telah bekerja dengan sungguh- sungguh dalam menjaga kedaulatan wilayah, memberikan pertolongan, pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat sebagai bukti nyata bahwa TNI AD selalu hadir di tengah kesulitan rakyat”.

Selaku orang nomor satu dilingkungan Kodam XVIII/Kasuari iapun berharap agar semua pengalaman yang telah diperoleh personel Satgas di daerah penugasan agar dijadikan bekal ilmu berharga yang dapat dikembangkan di satuan nanti untuk menyongsong tugas-tugas kedepan dengan tantangan dan dinamika yang berbeda.

Ia menambahkan, mendapat kesempatan dan pengalaman tugas operasi dalam satgas Pamtas kewilayahan merupakan kesempatan berharga, sebab tidak semua prajurit mendapat kesempatan yang sama untuk ikut dalam tugas operasi.

“Kalian harus bangga telah mendapat peluang dan kesempatan bertugas di daerah operasi. Jaga diri dan nama baik satuan, tetaplah menjadi prajurit yang rendah hati, berbuat baik kepada sesama dan selalu siap menghadapi tugas dalam kondisi apapun demi menjaga dan mempertahankan keutuhan wilayah NKRI”.

“Kepada komandan satuan dan seluruh prajurit Yonif 623/Bhakti Wira Utama, tetap perhatikan faktor keamanan dan keselamatan personel serta materiil selama perjalanan, sehingga kalian semua dapat tiba dengan selamat, bertemu dengan keluarga setelah sekian lama berpisah karena menjalankan tugas Negara,” tambahnya.

Diakhir, ia juga menitipkan “salam hormat” kepada komandan atasan di Kodam VI/Mulawarman dan keluarga yang sudah mendoakan selama bertugas di daerah operasi.

“Selamat kembali ke home base dan bertemu keluarga, semoga dapat memberikan semangat dan
moril dalam memperteguh kesetiaan kita dalam menjalankan tugas pengabdian sebagai prajurit,” kata Pangdam.

Turut hadir, Dan Pasmar 3 Brigjen TNI Mar Sugianto S.Sos., Danlantamal XIV Laksma TNI Deny Prasetyo, KAS Koarmada III Laksamana Pertama TNI Singgih Sugiarto, S.T., M.Si., Bupati Maybrat Dr. Benhard E. Rondonuwu, M.Si., Kasi Intel Kasrem 181/PVT Kolonel Inf. Dody Yudha S.I.P., M.Tr (Han)., Kasi Ops Kasrem Kolonel Inf Ustman Ghofir, Kasi Ter Kasrem 181/PVT Kolonel Inf Prasetyo Djoko T.S., M.Si., Dandim 1802/Sorong Letkol Czi Angga Wijaya.S.I.P.MA., Perwakilan Kesbang Pol Provinsi Papua Barat Daya Sely Sangke, Kapolsek Sorong Timur Akp. La Ode Zamrin, S.H., Kanit Polairud Polda Papua Barat Iptu Hajam Mudim, Perwakilan Yon Brimob Plopor / Papua Barat Iptu Supiono.

(Pendam XVIII/Ksr)