Pendataan RTLH, Personel Koramil 09/TB Kodim 0208/Asahan Laksanakan Puldatater Dengan Perangkat Kelurahan

Kodam 1 BB6 views

Tanjung Balai  |  Dalam kegiatan Puldata Teritorial tersebut, Babinsa selalu berkoordinasi dengan perangkat desa untuk mempermudah memperoleh data terbaru yang diperlukan, meliputi Data Geografi, Demografi dan Data Kondisi sosial masyarakat di wilayah binaan, data-data tersebut sangat diperlukan oleh satuan komando kewilayahan, guna terlaksananya pembinaan teritorial, sesuai dengan Program Komando kewilayahan. Selain memperbaharui data, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi dan kerja sama yang baik antara babinsa bersama aparat desa, dalam rangka mendukung tugas pokok Koramil serta terwujudnya kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

Dalam kesempatan ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 09/Tanjung Balai jajaran Kodim 0208/Asahan Praka M Sutejo turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan Pul Data Ter dengan perangkat Kelurahan dalam rangka untuk mendata RTLH (Rumah Tidak Layak Huni), kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Jalan Keramat Agis Lingkungan IV Kelurahan Tanjung Balai Kota IV Kecamatan Tanjung Balai Utara Kota Tanjung Balai, Sabtu (06/07/2024).

Dalam pelaskanaan kegiatan Pul Data Ter dengan perangkat Kelurahan dalam rangka untuk mendata RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) tersebut turut serta dihadiri oleh, Bapak Putra Alisyahbana SH Sekretaris Lurah, Ibu Satyam Kasi Pemerintahan dan Bapak Syahrial Panjaitan Kepling Lingkungan II.

Di tempat terpisah, Danramil mengatakan, bahwa saat ini Babinsa mendatangi langsung rumah warga melaksanakan pendataan, mengingat data tersebut digunakan sebagai acuan untuk menentukan warga yang berhak menerima bantuan, sehingga bantuan bisa tepat sasaran. “Ini harus dilakukan, dan merupakan salah satu tugas serta bentuk wujud tanggung jawab kami sebagai aparat komando teritorial di wilayah,” ujarnya.

Ia menuturkan, dirinya bersama Babinsa Nya akan meninjau dan mengawal setiap pelaksanaan pendataan maupun pada pelaksanaannya nanti. “Saya berharap, agar warga yang di data hari ini akan dapat bantuan RTLH Dari pemerintah mengingat kondisi rumahnya yang benar-benar tidak layak huni dan ini bisa bermanfaat bagi mereka yang kurang mampu, sehingga dapat meningkatkan taraf hidupnya,” imbuh Danramil.