Personel Jajaran Kodim 0208/Asahan Hadiri Pelantikan Dan Bimbingan Teknis Petugas Pemutakhiran Data Pemilih

Kodam 1 BB2 views

Asahan  |  Para Pantarlih nantinya akan melakukan penelitian dan pencocokan data pemilih Pilkada 2024. Mereka bertanggung jawab untuk melakukan verifikasi dan pemutakhiran data pemilih sehingga proses demokrasi dapat berjalan dengan baik dan setiap warga yang memenuhi syarat dapat menggunakan hak pilihnya, dalam kesempatan ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 16/Pulau Rakyat jajaran Kodim 0208/Asahan Serda Sukaryadi turun kewilayah binaan untuk turut serta menghadiri pelantikan petugas PANTARLIH pada pemilihan umum tahun 2024, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Aula Kantor Desa  Ledong Timur Kecamatan Aek Ledong Kabupaten Asahan, Selasa (25/06/2024).

Dalam pelaksanaan kegiatan menghadiri pelantikan petugas PANTARLIH pada pemilihan umum tahun 2024 tersebut turut serta dihadiri oleh, Kades Ledong Timur Bapak Sahrizal, Babinkamtibmas Brigka P Purba, Ketua PPS Desa Aek Ledong Bapak M Haryadi, Perangkat Desa Ledong Timur dan Rohaniawan Islam Bapak Hadi Winanto.

Selain itu, Babinsa juga mengatakan betapa pentingnya tugas yang diemban oleh para petugas pada Pilkada serentak di wilayah Asahan. “Peran Pantarlih sangat vital untuk kesuksesan Pilkada nanti. Data yang akurat akan memastikan bahwa setiap warga negara memiliki kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dalam proses demokrasi, kita mengingatkan para petugas untuk bekerja dengan jujur dan profesional serta dapat menjaga netralitas selama menjalankan tugasnya.

Setelah dilantik, para Pantarlih diberikan Bimbingan Teknis dan pemahaman mendalam mengenai proses pencocokan dan penelitian data pemilih, tata cara pemutakhiran data pemilih, serta bagaimana mengatasi berbagai permasalahan yang mungkin timbul di lapangan. Untuk memastikan bahwa data pemilih yang digunakan pada Pilkada nanti adalah data terbaru yang valid dan akurat, kehadiran TNI dalam kegiatan tersebut adalah untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan berjalan aman, tertib dan lancar. Sebagai upaya untuk mendukung dan mensukseskan seluruh tahapan pemilihan kepala daerah di Kabupaten Asahan Tahun 2024 sehingga berlangsung secara demokratis dan dalam situasi yang kondusif. “Adanya partisipasi aktif dari berbagai pihak, termasuk Kodim 0208/Asahan melalui kami para Danramil dan Babinsa diharapkan Pilkada 2024 di wilayah Kabupaten Asahan dapat berjalan lancar, aman, dan sukses, serta menghasilkan pemimpin yang berkualitas dan amanah,” ungkapnya.