Sambangi Gudang Penampungan, Personel Jajaran Kodim 0208/Asahan Pantau Kamtibmas dan Stok Garam

Kodam 1 BB2 views

Tanjung Balai  |  Kehadiran Babinsa tersebut dalam rangka menjaga Kamtibmas tetap kondusif, dalam anjangsana-nya Babinsa ujung tombak Satuan Komando Kewilayahan itu melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan Pengusaha Garam, dalam kesempatan ini Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 17/Datuk Bandar jajaran Kodim 0208/Asahan Sertu HJ Tampubolon turun kewilayah desa binaan untuk melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama dengan Masyarakat desa binaan, Komsos sekaligus membahas tentang ekspedisi garam kasar, bersama dengan Bapak Heri, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Jalan Arteri Kelurahan Sirantau Kecamatan Datuk Bandar Kota Tanjung Balai, Jumat (28/06/2024).

Kehadiran saya bertujuan memastikan situasi Kamtibmas tetap kondusif. Memantau usaha warga berjalan aman dan nyaman. Juga memastikan stok garam dalam kondisi aman dan cukup, terutama untuk pelaku usaha pengasinan ikan, Babinsa mengungkapkan, sebagai wujud pembinaan teritorial, kedekatan seluruh komponen masyarakat di wilayah binaan terus aktif dijalin. Kegiatan sambang dan Komsos ini, menurutnya sebagai upaya deteksi dini dan cegah dini terhadap setiap permasalahan yang terjadi di wilayah binaan.

Diketahui garam sangat dibutuhkan oleh sejumlah pelaku usaha, terutama bagi pelaku usaha ikan asin/kering, apalagi daerah pesisir pantai, yang mayoritas bermata pencaharian dari hasil tangkapan ikan nelayan.

Terpisah Danramil mengatakan, kegiatan sambang dan Komsos ini merupakan bagian tugas rutin Babinsa sebagai Bintara Pembina Desa/Kelurahan. Kedekatan dan sinergitas Babinsa dengan seluruh komponen masyarakat di wilayah binaan, harus tetap terbina baik. Sehingga akan terjalin hubungan yang harmonis dan bersinergi dalam menjaga kekondundusifan wilayah, tugas seorang Babinsa tidak hanya di bidang pertahanan dan keamanan semata. Kedekatan Babinsa dengan masyarakat, juga merupakan bentuk tugas yang harus dijalankan sebagai Satuan Komando Kewilayahan, sebab dengan terjalinnya kedekatan Babinsa dengan masyarakat, maka akan terjalin suasana yang baik. Apabila terjadi permasalahan di wilayah binaan, Babinsa sebagai Aparat Komando Kewilayahan bisa dengan cepat mengambil langkah yang cepat, untuk penyelesaian, terangnya.