Apel Gelar Pasukan Operasi Aman Suro, Danrem 081/DSJ : Semoga Aman, Damai dan Kondusif

Kodam V BRW853 views

Madiun, – Bersama Karoops Polda Jatim Kombes Puji Santosa, Danrem 081/DSJ Kolonel Inf Rama Pratama memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Aman Suro 2024.

Danrem menegaskan, apel yang dilakukan merupakan bentuk kesiapan dalam mengamankan berbagai kegiatan dari perguruan silat yang akan dilaksanakan pada bulan Suro atau bulan Muharam dalam kalender Islam.

“Ini bentuk kesiapan kami TNI-Polri bersama pemerintah daerah untuk mengamankan agenda Suroan di Kota Madiun khususnya,” kata Danrem ditemui secara terpisah usai pelaksanaan apel di Alun-Alun Kota Madiun, Sabtu (6/7/2024).

Pamen TNI AD itu menyebut, pengamanan semacam itu merupakan rutinitas tahunan yang dilakukan untuk menjaga kondusivitas wilayah dan memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Untuk jumlah personel yang diterjunkan, diungkapnya sebanyak 2.500 personel ditambah dengan unsur pengamanan intern dari masing-masing perguruan silat.

Ditanya tentang himbauan terhadap agenda Suroan, Danrem mengatakan telah mengeluarkan himbauan khusus sejak beberapa hari lalu.

“Selain telah ada maklumat yang telah kita sepakati bersama, dari kami sendiri juga telah mengeluarkan himbauan Suro Cinta Damai. Mulai dari ajakan menjaga dan mewujudkan kondusivitas, jangan mudah terprovokasi dan percaya berita hoax, bersikap sopan satun dan menyejukkan, mematuhi tata tertib lalu lintas dan tidak melanggar hukum, hingga menghindari Miras dan Narkoba,” jelasnya.

Dengan kesiapan dan berbagai upaya yang telah dilakukan, ia pun berharap, pelaksanaan agenda Suroan tahun ini berjalan dengan aman, damai, dan kondusif. “Semoga terwujud,” pungkasnya.