Atasi Genangan Air : Babinsa dan Pemdes Palding Bekerja Sama Membuka Saluran Air

Kodam 1 BB3 views

Atasi Genangan Air : Babinsa dan Pemdes Palding Bekerja Sama Membuka Saluran Air

Tigalingga, – Hujan deras yang mengguyur wilayah Dairi beberapa hari terakhir menyebabkan genangan air di beberapa lokasi. Salah satu area yang terdampak adalah Dusun Kedei Berek, Desa Palding, Kecamatan Tigalingga.

Melihat kondisi ini, Babinsa Ramil 04/Tigalingga, Serka Salpinus Ginting, bersama Kepala Desa Palding, Ikuten Sinulingga, dan Aparatur Pemerintahan Desa Palding berinisiatif menggelar gotong royong untuk mengatasi genangan air di jalan lintas Sidikalang-Tigalingga.

Gotong royong yang dilaksanakan pada hari Senin, 24 Juni 2024, dimulai pukul 11.30 WIB dan diikuti oleh 8 orang Aparatur Pemerintahan Desa Palding.

Kegiatan ini diawali dengan memberikan himbauan dan pengertian kepada pemilik tanah di kanan kiri jalan agar dapat membuat parit kecil untuk aliran air hujan yang tergenang.

Selanjutnya, Babinsa dan warga bersama-sama membuat parit saluran pembuangan air hujan agar air cepat kering. Tak lupa, imbauan kepada pengguna jalan agar berhati-hati karena jalan masih basah dan berlumpur juga disampaikan.

Gotong royong ini membuahkan hasil yang positif. Air yang tergenang dapat dialirkan ke ladang warga, sehingga jalan menjadi lebih cepat kering. Hal ini tentunya membantu kelancaran aktivitas warga dan mencegah terjadinya kecelakaan di jalan.

Kegiatan ini merupakan wujud nyata sinergi antara Babinsa dan Pemdes Palding dalam membantu masyarakat.

Semangat gotong royong dan kepedulian terhadap sesama menjadi kunci utama dalam menyelesaikan permasalahan di lingkungan.

Babinsa Serka Salpinus Ginting menegaskan komitmennya untuk selalu membantu masyarakat. “Sebagai Babinsa, saya selalu siap membantu masyarakat dalam mengatasi berbagai permasalahan, termasuk genangan air seperti ini.

Saya harap kegiatan gotong royong ini dapat menjadi contoh bagi desa lain untuk selalu menjaga kebersihan dan kelancaran drainase di lingkungannya,” ujarnya.

Kepala Desa Palding, Ikuten Sinulingga, menyampaikan terima kasih kepada Babinsa dan seluruh warga yang telah berpartisipasi dalam kegiatan gotong royong ini.

“Terima kasih kepada Babinsa dan seluruh warga yang telah bergotong royong untuk mengatasi genangan air ini. Kerja sama dan kekompakan kita sangatlah penting dalam menyelesaikan berbagai permasalahan di desa,” tuturnya.

Gotong royong ini diharapkan dapat menjadi solusi jangka pendek untuk mengatasi genangan air di Dusun Kedei Berek. Untuk solusi jangka panjang, perlu dilakukan pembangunan drainase yang memadai di lokasi tersebut. (Pen0206)