Babinsa Koramil 04/Tigalingga Berkolaborasi dengan Bidan Desa Tingkatkan Kesehatan Masyarakat

Kodam 1 BB5 views

Gunung Sitember, Dairi – Babinsa Koramil 04/Tigalingga Kodim 0206/Dairi, Sertu Rahudman Damanik, menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kesehatan masyarakat di wilayah binaannya. Pada hari Selasa, 9 Juli 2024,

Sertu Damanik melaksanakan kegiatan Komsos (Komunikasi Sosial) dengan Bidan Desa Ibu Parulihen Tarigan di Puskesmas Gunung Sitember, Kecamatan Gunung Sitember, Kabupaten Dairi.

Kegiatan Komsos ini bertujuan untuk menjalin komunikasi dan koordinasi dengan Bidan Desa dalam rangka meningkatkan kualitas layanan kesehatan dan pencegahan penyakit di wilayah binaan.

Sertu Damanik dan Bidan Tarigan berdiskusi tentang berbagai isu kesehatan yang dihadapi masyarakat, termasuk penyakit masyarakat dan stunting.

Bidan Tarigan menjelaskan bahwa penyakit masyarakat yang sering terjadi di wilayahnya adalah penyakit ISPA, diare, dan hipertensi.

Untuk menanggulangi penyakit-penyakit tersebut, Bidan Tarigan melakukan berbagai upaya, seperti sosialisasi kepada masyarakat tentang pola hidup sehat dan pentingnya pemeriksaan kesehatan secara berkala.

Bidan Tarigan juga menyampaikan kekhawatirannya tentang stunting, yang masih menjadi masalah di Kabupaten Dairi.

Stunting adalah kondisi terhambatnya pertumbuhan dan perkembangan anak yang disebabkan oleh kekurangan gizi kronis. Bidan Tarigan mengajak Sertu Damanik untuk bekerja sama dalam upaya pencegahan stunting di wilayah binaannya.

Sertu Damanik menyatakan kesiapannya untuk bersinergi dengan Bidan Desa dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat. Ia akan membantu Bidan Desa dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan membantu masyarakat untuk mendapatkan akses layanan kesehatan yang mudah dan terjangkau.

Kerja sama antara Babinsa dan Bidan Desa diharapkan dapat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di wilayah Kecamatan Gunung Sitember.

Dengan terjalinnya komunikasi dan koordinasi yang baik, berbagai masalah kesehatan dapat diatasi secara lebih efektif. (Pen0206)