Siap Berlatih Dan Bertempur, Prajurit Batalyon Infanteri 1 Marinir Ikuti Apel Gelar Kesiapan Latihan Platoon Exchange Tahun 2024

Marinir, TNI AL17 views

Okebung

TNI AL, Dispen Kormar (Sidoarjo) Dalam rangka mengecek kesiapan material dan personel, prajurit Batalyon Infanteri 1 Marinir mengikuti apel gelar kesiapan dipimpin oleh Asops Danpasmar 2 Kolonel Marinir Joko Fitrianto yang dilaksanakan di Lapangan Hitam Brigif 2 Marinir, Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur. Kamis (04/07/2024).

Platoon Exhange tahun 2024 merupakan bentuk latihan bersama antara TNI-AL / Marinir dengan USMC dengan tujuan meningkatkan hubungan bilateral dan meningkatkan kemampuan bertempur di era modern saat ini.

Pada kegiatan tersebut Asops Danpasmar 2 Kolonel Marinir Joko Fitrianto mengecek kesiapan material seperti Alat Komunikasi, Alat Optik, Amonisi, serta obat obatan guna memastikan agar pada saat latihan yang akan dilaksanakan semua kebutuhan yang diperlukan dapat menunjang atau membantu prajurit. Selain itu, Asops Danpasmar 2 juga mengecek kelengkapan prajurit Batalyon Infanteri 1 Marinir yang terlibat dalam latihan Platoon Exhange tahun 2024 guna memastikan kesiapan prajurit seperti senjata, body protect, helm, serta perlengkapan perorangan. Setelah dilaksanakan pengecekan dilanjutkan dengan pengarahan oleh Asops Danpasmar 2.

Dalam arahan Asops Danpasmar 2 mengingatkan untuk menjaga nama baik Korps Marinir saat berlatih dengan satuan negara lain, tetap waspada serta disiplin dengan waktu harus diterapkan. Platoon Exchange juga merupakan kesempatan yang baik untuk bersama sama mempelajari taktik serta teknik yang dimiliki antar negara, sehingga diharapkan setelah latihan prajurit mampu menerapkan ilmu yang telah diperoleh. Tidak hanya itu, Asosp Danpasmar 2 juga menyampaikan tunjukan bahwa Prajurit Tentara Nasional Indonesia adalah prajurit humanis, saling menghargai dan saling menghormati, serta prajurit yang profesionalisme.

Sementara itu, Komandan Batalyon Infanteri 1 Marinir Letkol Marinir Roni Saputra, M.Tr.Opsla., menekankan kepada prajurit Batalyon Infanteri 1 Marinir yang tergabung dalam Latihan Platoon Exchange tahun 2024 untuk melaksanakan arahan yang diberikan oleh Asops Komandan Pasmar 2.