Babinsa Bersemangat Bantu Petani Jagung Bersihkan Lahan dan Terapkan Sistem TOT di Desa Ujung Teran

Kodam 1 BB3 views

Tigalingga, Dairi – Dalam rangka mendukung program ketahanan pangan nasional, Babinsa Koramil 04/Tigalingga Kodim 0206/Dairi, Serda Khairil turun ke sawah membantu petani jagung membersihkan lahan yang sudah selesai panen untuk ditanami kembali.

Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Ujung Teran, Kecamatan Tigalingga, Kabupaten Dairi, pada hari Rabu, 10 Juli 2024. Bersama Bapak Gomok Angkat, pemilik lahan seluas 1 hektar ini, Serda Khairil bahu membahu membersihkan gulma dan sisa-sisa tanaman jagung panen sebelumnya. Semangat dan antusiasme terlihat jelas dari wajah Serda Khairil saat membantu petani.

“Sebagai Babinsa, saya memiliki tanggung jawab untuk membantu masyarakat, termasuk para petani di wilayah binaan saya,” ujar Serda Khairil.
“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk komitmen TNI dalam mendukung program ketahanan pangan nasional.”

Lebih lanjut, Serda Khairil juga memberikan saran kepada Bapak Gomok Angkat untuk mengolah lahan dengan menggunakan sistem Tanpa Olah Tanah (TOT).

Sistem TOT ini diyakini dapat meningkatkan kesuburan tanah dan menghemat waktu dan tenaga dalam pengolahan lahan.

“Sistem TOT ini memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan kesuburan tanah, menghemat air, dan mengurangi emisi gas rumah kaca,” jelas Serda Khairil. “Saya yakin dengan menggunakan sistem TOT, hasil panen jagung Bapak Gomok Angkat akan semakin meningkat.”

Bapak Gomok Angkat menyambut baik saran Serda Khairil dan berterima kasih atas bantuannya. “Saya sangat berterimakasih kepada Babinsa atas bantuannya,” ujar Bapak Gomok Angkat. “Saya akan mencoba menerapkan sistem TOT pada lahan jagung saya selanjutnya.”

Kegiatan Babinsa Koramil 04/Tigalingga ini merupakan wujud nyata kemanunggalan TNI dengan rakyat. Dengan membantu para petani, TNI diharapkan dapat berkontribusi dalam meningkatkan ketahanan pangan nasional.(Pen0206)