Program ROSITA Habema Dorong Semangat Ekonomi Warga Sugapa

Kostrad991 views

Intan Jaya – Satuan Tugas Batalyon Infanteri Raider (Satgas Yonif) 509/Balawara Yudha Kostrad, bagian dari Komando Operasi TNI (KOOPS TNI) HABEMA, tengah melaksanakan tugas Operasi Pengamanan Perbatasan (Ops Pamtas) Mobil RI-PNG, khususnya di wilayah Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah. Kamis, (27/6/2024).

Kegiatan ini dilakukan oleh Satgas Yonif 509 Kostrad, yang sedang melakukan patroli keamanan rutin di Distrik Sugapa. Di sela-sela patroli, para prajurit berkesempatan melintasi area Pasar Sugapa dan melakukan program ROSITA dengan membeli hasil tani milik warga.

Komandan Satgas Yonif 509 Kostrad, Letkol Inf Dian Dessiawan Setyadi, menekankan pentingnya membantu mengatasi kesulitan masyarakat di daerah penugasan, termasuk membantu perekonomian. Oleh karena itu, para prajurit memanfaatkan waktu patroli untuk membeli hasil tani dari para penjual di Sugapa.

Tak hanya menjaga keamanan, para prajurit juga membantu perekonomian warga. Mereka membeli hasil tani para penjual di Pasar Sugapa dengan uang saku mereka. Inisiatif ini disambut gembira oleh para penjual, yang dagangannya diborong habis oleh para prajurit. Seorang penjual bernama Mama Ester Tabuni menyampaikan pesan kepada para prajurit TNI yang telah membantu, “Terima kasih, Bapak Tentara. Tuhan memberkati kebaikan Bapak.”

“Inisiatif Satgas Yonif 509 Kostrad membeli habis hasil tani para penjual di Sugapa merupakan bentuk kepedulian TNI dalam mendukung upaya percepatan pembangunan di wilayah Papua,” ungkap Panglima KOOPS HABEMA, Brigjen TNI Lucky Avianto.
(PangKoops HABEMA)