Puslatpurmar 7 Lampon Dukung Penuh Tradisi Petik Laut 1 Suro Di Pantai Lampon Banyuwangi

Marinir, TNI AL15 views

Okebung

Dispen Kormar (Banyuwangi). Pusat Latihan Pertempuran Marinir (Puslatpurmar) 7 Lampon mendukung sepenuhnya kegiatan masyarakat nelayan pantai Lampon untuk menyelenggarakan prosesi petik laut dan larung sesaji di Pantai Lampon Banyuwangi, Minggu (07/07/2024).

Petik laut dan larung sesaji yang di selenggarakan masyarakat nelayan pantai Lampon merupakan sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan YME atas limpahan rezeki hasil panen ikan yang selama setahun dan dengan harapan tahun kedepanya panen ikan lebih melimpah di berikan keberkahan dan keselamatan.

Kegiatan ini merupakan acara rutin tahunan tiap 1 Suro. menjelang malam 1 Suro dilaksanakan Sholawatan, santunan anak yatim, pagelaran wayang kulit dan berbagai hiburan lainya, untuk upacara larung sesaji sendiri yaitu melarung hasil bumi termasuk kepala kerbau untuk di larung di tengah laut sebagai sedekah Laut.

Komandan Pusat Latihan Pertempuran Marinir (Danpuslatpurmar)7 Lampon Letkol Mar M. Sidik R M.Tr. Opsla menyampaikan, pada perayaan 1 Suro di pantai Lampon tahun ini mempunyai keistimewaan karena berbarengan dengan HUT Ke-9 Puslatpurmar 7 Lampon, upacara Petik Laut 1 Suro di Lampon merupakan tradisi budaya bangsa Indonesia yang harus didukung dan dilestarikan karena merupakan Kebhinekaan bangsa, semua itu adalah kesadaran theo-ecologis masyarakat Jawa pantai selatan dan ajaran tersebut terkandung dalam agama-agama yang ada di Indonesia,” terang Danpuslatpur.