Danrem 022/PT Dampingi Pangdam I/BB Cek Progres Bendungan Lau Simeme

Kodam 1 BB2,557 views

Biru-Biru |
Danrem 022/PT, Kolonel Inf Tagor Rio Pasaribu mendampingi Pangdam I/BB, Mayjen TNI Mochammad Hasan meninjau lokasi Proyek Strategis Nasional (PSN) Bendungan Lau Simeme di Desa Kuala Dekah, Kecamatan Sibiru-Biru, Kabupaten Deli Serdang, Kamis (4/7/2024).

Kedatangan Pangdam bersama Aster Kasdam I/BB, Kolonel Inf Andrian Siregar untuk mengecek progres pembangunan Bendungan Lau Simeme yang merupakan salah satu dari 61 bendungan dalam PSN yang dibangun pemerintah.

Kegiatan Pangdam di lokasi proyek diawali dengan menerima paparan pembangunan fisik Bendungan Lau Simeme dan kendala yang tengah dihadapi di sektor pengerjaan PSN tersebut.

Bendungan Lau Simeme sendiri mulai dikerjakan sejak 2017 dengan biaya Rp1,65 triliun.

Konstruksi bendungan ini dikerjakan dalam dua paket dengan bentuk Kerja Sama Operasional (KSO). Yakni paket pertama oleh PT Wijaya Karya dan PT Bumi Karsa, serta paket kedua oleh PT Pembangunan Perumahan (PP) dan PT Andesmont Sakti.

Bendungan berkapasitas tampung 21,07 juta m³ ini memiliki dua fungsi utama. Yaitu untuk reduksi banjir area Kota Medan sebesar 289 m3/detik atau setara 30 persen debit banjir, serta penyediaan air baku sebesar 3.000 liter/detik atau menambah suplai air baku untuk 600 ribu jiwa di Medan dan Deli Serdang.

Selesai menerima paparan, Pangdam berharap pengerjaan proyek bisa segera rampung sesuai target yang telah disepakati bersama.

Kegiatan Pangdam diakhiri dengan meninjau fisik proyek bendungan yang dibangun dengan desain tipe zonal timbunan batu setinggi 69,50 meter dari sungai, panjang puncak bendungan 205 meter dengan luas area genangan 125,84 hektar.

Bendungan yang ditinjau Pangdam ini juga diproyeksikan memiliki fungsi tambahan. Yakni penyediaan energi listrik sebesar 1 MW serta sebagai destinasi pariwisata.

Tampak hadir di lokasi, Kasi Intel Korem 022/PT,Dandim 0204/DS, Letkol Inf Alex Sandri, SHub Int, MHI,Letkol Cpl Bomen Situmorang, SH, Danyon Armed 2/KS, Letkol Arm Herman Santoso, SE, Konsultan Supervisi, Ir Kristanto, Kosultan Supervisi Menejemen Kontruksi, Ir Jonson Sitorus, Danramil 0204-04/SBB, Kapten Arh Albert Wina Sembiring, serta Kapolsek SBB, AKP Natanail Sitepu.

Sumber: Kodim 0204/DS